• SMA NEGERI 1 PAJU EPAT
  • SMANSAPA SMART
SAMBUTAN KEPALA SEKOLAH

Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 untuk menggambarkan berbagai cara mengintegritaskan teknologi cyber baik secara fisik maupun non fisik dalam pembelajaran. Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 adalah fenomena yang merespons kebutuhan revolusi industri dengan penyesuaian kurikulum baru sesuai situasi saat ini. Kurikulum tersebut mampu membuka jendela dunia melalui genggaman contohnya memanfaatkan internet of things (IOT). Di sisi lain pengajar juga memperoleh lebih banyak referensi dan metode pengajaran.

Akan tetapi hal ini tidak luput dari tantangan bagi para pengajar untuk mengimplementasikannya. Dikutip dari Kompasiana (2019) setidaknya ada 4 kompetensi yang diharapkan dimiliki oleh pengajar. Pertama keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Merupakan kemampuan memahami suatu masalah, mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya sehingga dapat dielaborasi dan memunculkan berbagai perspektif untuk menyelesaikan masalah. Pengajar diharapkan mampu meramu pembelajaran dan mengekspor kompetensi ini kepada peserta didik. Kedua Keterampilan komunikasi dan kolaborasi. Keterampilan ini tidak luput dari kemampuan berbasis teknologi informasi, sehingga pengajar dapat menerapkan kolaborasi dalam proses pengajaran.

Ketiga, kemampuan berpikir kreatif dan inovatif. Diharapkan ide-ide baru dapat diterapkan pengajar dalam proses pembelajaran sehingga memacu siswa untuk beripikir kreatif dan inovatif. Misalnya dalam mengerjakan tugas dengan memanfaatkan teknologi dan informasi. Keempat, literasi teknologi dan informasi. Pengajar diharapkan mampu memperoleh banyak referensi dalam pemanfaatan teknologi dan informasi guna menunjang proses belajar mengajar.

 

Bagi dunia pendidikan, Revolusi Industri 4.0 diharapkan mampu mewujudkan pendidikan cerdas melalui peningkatan dan pemerataan kualitas pendidikan, perluasan akses dan relevansi dalam mewujudkan kelas dunia. Untuk mewujudkan hal tersebut interaksi pembelajaran dilakukan melalui blended learning (melalui kolaborasi), project based-learning (melalui publikasi), flipped classroom (melalui interaksi publik dan interaksi digital).

Tentu penyesuaian diperlukan dalam menerapkan Pendidikan era Revolusi 4.0. Di sisi lain selain dituntut memahami teknologi dan informasi serta cara mengimplementasikannya, Di balik hal tersebut peserta didik dituntut untuk mampu menyesuaikan diri dan memanfaatkan Pendidikan era Revolusi 4.0 dengan menerapkan internet of things (IoT). Sehingga dapat mengembangkan kreatifitas dan inovasinya melalui tugas bersama (kolaborasi), tugas individu maupun project tertentu yang bermanfaat .

Dalam hal ini dunia pendidikan mempunyai tanggung jawab yang besar, terutama dalam menyiapkan sumber daya manusia yang tangguh sehingga mampu hidup selaras didalam perubahan itu sendiri. Pendidikan merupakan investasi jangka panjang yang hasilnya tidak dapat dilihat dan dirasakan secara instan, sehingga sekolah sebagai ujung tombak dilapangan harus memiliki arah pengembangan jangka panjang dengan tahapan pencapaiannya yang jelas dan tetap mengakomodir tuntutan permasalahan faktual kekinian yang ada di masyarakat.

Puji Syukur kami panjatkan kehadlirat Tuhan Yang Maha Esa, bahwasanya dengan rahmat dan karunia-Nya lah akhirnya Website sekolah ini dengan alamat https://sman1paju4.sch.id dapat kami bangun dan luncurkan. Kami mengucapkan selamat datang di Website kami SMAN Paju Epat yang saya tujukan untuk seluruh unsur pimpinan, guru, karyawan dan siswa serta khalayak umum guna dapat mengakses seluruh informasi tentang segala profil, aktifitas/kegiatan serta fasilitas sekolah kami.

Kami selaku pimpinan sekolah mengucapkan terima kasih kepada tim pembuat Website ini yang telah berusaha untuk dapat lebih memperkenalkan segala perihal yang dimiliki oleh sekolah. Dan tentunya Website sekolah kami masih terdapat banyak kekurangan, oleh karena itu kepada seluruh civitas akademika dan masyarakat umum dapat memberikan saran dan kritik yang membangun demi kemajuan Website ini lebih lanjut.

Saya berharap Website ini dapat dijadikan wahana interaksi yang positif baik antar civitas akademika maupun masyarakat pada umumnya sehingga dapat menjalin silaturahmi yang erat disegala unsur. Mari kita bekerja dan berkarya dengan mengharap ridho sang Kuasa dan keikhlasan yang tulus dijiwa demi anak bangsa.

                                                                                                 Kepala SMAN 1 Paju Epat
                                                                                             H.MOHAMAD KASTIANUR, S.Pd.

Baca Juga
KEGIATAN GURU BP DAN WALI KELAS KUNJUNGAN KE RUMAH SISWA

Selama Pendemi COVId-19 Pembelajaran yang dilaksananakan secara PJJ setelah di evaluasi ada beberapa siswa yang tidak melaksanakan PJJ maka sekolah melakukan pemanggilan kepada orang tu

13/11/2020 17:20 WIB - Andri
Kegaiatan Akhir Semester

Pembagian Raport Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021

29/01/2021 08:27 WIB - Andri
KEGIATAAN GURU-GURU SMAN 1 PAJU EPAT DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Inilah salah satu kegiatan guru-guru SMAN 1 Paju Epat dalam mendukung Pembelajaran Jarak jauh meraka hadir ke sekolah selama 3 hari untuk mengadakan pelayanan pendidikan secara daring d

23/10/2020 09:06 WIB - Andri
KEGIATAN IHT PENGGUNAAN E-LEARNING PADA PJJ

Kegiatan IHT ini merupakan suatu program sekolah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pembelajaran terutama dalam masa COVID-19 yang tentunya diperlukan suatu pembelajaran yang efek

11/11/2020 20:35 WIB - Andri
Postingan Awal

Selamat datang di website sekolah kami, ini adalah pertama kali kami mempublish ke dunia maya ini, masih banyak belajar dan berkreasi, berbagi dan sebagainya. Helo world we are in the

23/10/2020 07:26 WIB - Andri